Pertanyaan Umum Meditasi

Apakah saya harus menjadi pengikut Agama Islam untuk bisa ikut bermeditasi NAQS MEDITATION?

Meditasi bisa dilakukan oleh siapa saja. Praktek meditasi adalah proses mengubah diri untuk mempelajari cara kerja batin dan bagaimana pikiran serta emosi membentuk persepsi. Untuk bisa melakukannya, seseorang tidak perlu mempercayai doktrin religi tertentu, meskipun banyak orang bijak dan orang-orang kudus terhebat dunia melakukan meditasi untuk memperdalam pemahaman dan pengalaman iman mereka. Saat ini, meditasi diajarkan dan dipraktekkan di rumah sakit untuk meringankan stres dan mengatasi rasa sakit kronis, di dunia usaha untuk mengembangkan kepemimpinan berbasis nilai yang otentik, dan dalam sistem pendidikan untuk membantu seorang murid berkonsentrasi dan menempatkan diri mereka.

Apa yang bisa saya harapkan dari meditasi?

Meditasi memiliki banyak manfaat. Dalam pengertian umum, meditasi memungkinkan kita mengakses kualitas bawaan pikiran akan perasaan damai dan tenang. Pada akhirnya pengalaman ini menjadi kenyataan yang sesungguhnya dan kebahagiaan kita tak lagi tergantung pada kondisi fluktuatif yang terjadi di sekitar kita. Meditasi juga dapat digunakan untuk mengembangkan kualitas tertentu, seperti kasih sayang atau kebijaksanaan, juga mengatasi masalah-masalah spesifik tertentu seperti pola emosional yang destruktif, sakit yang kronis dan masalah hubungan antar relasi. Inti dari meditasi ialah untuk tidak melarikan diri dari masalah namun melihat bahwa segala sesuatu yang kita alami dapat diubah menjadi sumber suka cinta melalui latihan meditasi.

Bagaimanakah cara terbaik untuk belajar bermeditasi?

Tidak ada satu pendekatan khusus meditasi yang dapat dipakai oleh semua orang. Salah satu cara terbaik adalah yang berguna bagi anda seorang. Namun demikian, sebagian besar orang menganggap perlu untuk belajar bermeditasi dari guru yang telah berpengalaman. Jika anda suka membaca, buku adalah awalan yang bagus. Silahkan melihat daftar baca yang kami sarankan, yang meliputi buku-buku tentang meditasi dengan berbagai perspektif dan tradisi. Jika anda tidak banyak membaca atau jika anda telah membaca banyak buku namun tidak menemukan satu yang cocok, anda bisa mengunjungi pusat meditasi di area tempat anda tinggal untuk melihat langsung apa yang bisa menginspirasi anda. Ada banyak komunitas meditasi yang memiliki program-program online dan instruktur yang tersedia melalui email ataupun telepon.

Jika anda merasa tertarik dengan pendekatan kami, anda berada di tempat yang tepat! Silahkan anda kontak pimpinan komunitas atau hubungi kami melalui email. Kami dengan senang hati akan mengenalkan anda pada pendekatan kami terhadap meditasi dan membantu anda memulai latihan.

Apakah penting untuk berlatih meditasi setiap hari?

Tujuan utama berlatih meditasi adalah untuk membawa kesadaran hadir setiap saat dalam hidup seseorang, bukan hanya pada saat seseorang itu bermeditasi saja. Oleh sebab itu, menyisihkan waktu setiap hari untuk menumbuhkan kesadaran adalah bagian tak terpisahkan dari proses pembelajaran. Sebagian besar orang menemukan bahwa semakin banyak waktu mereka curahkan untuk ‘duduk di bantal’ dan bermeditasi, akan semakin mudah bagi mereka mengatur kesadaran saat ‘lepas dari bantal’.

Berapa lama saya harus bermeditasi?

Ketika mulai berlatih meditasi, sangat penting untuk memulainya dengan sesi-sesi pendek sesering mungkin. Dua puluh menit perhari, dilatih untuk satu hingga dua sesi adalah pedoman yang baik untuk praktisi meditasi pemula. Penting untuk dicatat bahwa anda dapat dan harus berlatih kapan saja dimana saja. Begitu anda mengerti inti dari meditasi, anda akan dapat menggunakan pengalaman dan kegiatan apa saja sebagai sarana berlatih meditasi kesadaran.

Bagaimana saya tahu seandainya saya benar-benar bermeditasi?

Meditasi adalah suatu keadaan kesadaran tingkat tinggi. Ketika anda mencoba bermeditasi, ada kemungkinan besar anda mengalami masa-masa tersesat dalam batin, dan masa dimana anda merasa sadar sepenuhnya, yang artinya anda sadar akan apa yang anda lakukan pada saat itu. Apakah anda memfokuskan diri pada nafas anda, pengamatan yang berlangsung pada pikiran anda, atau istirahat dengan sadar, tanda dari meditasi adalah anda tahu apa yang anda lakukan. Dengan kata lain, anda tidak saja mengawasi nafas anda, namun anda sadar bahwa anda tengah mengawasi nafas anda. Kesadaran bermeditasi bisa dilatih kapan saja. Anda hanya perlu sadar akan apapun yang anda lakukan pada saat ini. Contoh, jika anda berkendara menuju kerja, anda akan memperhatikan jalan dan situasi di sekitar anda, namun anda juga mempertahankan kesadaran berlipat anda pada saat anda mengemudi. Anda bisa melakukan ini pada saat bercakap-cakap, menonton televisi atau bekerja di depan komputer.

Apa yang sebaiknya saya lakukan saat pikiran saya muncul?

Berpikir adalah fungsi alamiah manusia, karenanya tidak perlu menghentikan pikiran itu terjadi. Bila anda bermeditasi dan menyadari bahwa anda tengah tersesat dalam pikiran yang membayang, cukup kembalikan kesadaran terhadap obyek meditasi anda. Tidak lebih dari itu. Anda bahkan dapat mempergunakan apa yang anda pikirkan sebagai obyek meditasi, atau beristirahat secara sadar, membiarkan pikiran keluar masuk tanpa terlalu banyak memberikan perhatian pada hal-hal tersebut. Kunci utamanya adalah pikiran dan gangguan merupakan bagian alami dari meditasi. Semakin anda tumbuh untuk lebih akrab dengan kesadaran meditasi, pikiran anda akan semakin berkurang mengganggu anda. Anda bahkan mungkin menemukan bahwa pikiran sebenarnya membantu meditasi, sejauh mereka merupakan pengalaman yang dapat membuat anda mengembangkan kesadaran.

Bagaimana meditasi akan mempengaruhi hidup sehari-hari?

Meditasi membuat kita menjadi lebih sadar dan hadir dalam kegiatan apapun yang kita lakukan. Hal ini memberikan dampak menguntungkan pada hampir semua aspek kehidupan sehari-hari. Dalam hubungan antar manusia, meditasi membantu kita mengembangkan cinta tanpa syarat yang muncul dari tempat yang damai dan tenang. Di tempat kerja, meditasi membantu kita untuk lebih fokus, kreatif dan efisien sementara pada saat yang sama memiliki keseimbangan emosional. Untuk masalah kesehatan, meditasi telah menunjukkan pengaruh dramatisnya terhadap fisik manusia, termasuk menurunkan tingkat stres, meningkatkan sistem kekebalan tubuh, dan meningkatkan kapasitas untuk mengatasi rasa sakit dan penyakit kronis.

One response to this post.

  1. Posted by pak Dwi on 10 Februari 2012 at 08:25

    Bagus sekali untuk menambah masukan untuk saya, yg saat ini sedang berlatih menjalankan meeitasi

    Balas

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: